Breaking

Senin, 08 Mei 2017

Bangga Desa Punya Website Sendiri

surabi-on.com
UU No 6 Tahun 2014 telah memberikan kewenangan besar pada desa dalam bentuk wewenang berdasar hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala desa (Pasal 19). Untuk melaksanakan kewenangannya, pemerintah desa wajib memiliki Sistem Informasi Desa yang menjamin rencana dan pelaksanaan pembangunan desa dapat dipantau oleh masyarakat desa (Pasal 82-86).

Terkait dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pasal 86 UU Desa mengamanatkan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan, meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia. Sistem informasi Desa dikelola oleh Pemerintah Desa dan harus memberikan akses kepada masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan. Dalam jangka panjang, penerapan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat menjadi pintu masuk bagi penerapan e-audit dana desa yang mulai tahun 2015 diterapkan.
Oleh karena itu, setiap desa wajib membutuhkan sistem/aplikasi yang mendukung penyelenggaraan tata pemerintahan desa secara baik dan bersih (good and clean governance). Melalui dukungan sistem itu, desa dapat mengelola basis data desa dan menyebarluaskan isu-isu perdesaan. Pemerintah desa dapat mengambil kebijakan yang tepat karena merujuk pada sistem pendukung pengambilan keputusan (decision support system) berbasis data yang lengkap dan akurat. Sistem Informasi Desa mendukung tata kelola desa secara akuntabel dan transparan. Konten desa menjadi bagian penting dari keberagaman konten internet di Indonesia. Penyebarluasan konten-konten desa dapat mengurangi isu-isu miring atas dunia perdesaan. Selain itu, desa dapat mempromosikan potensi dan produk unggulan mereka melalui dunia internet. Aktivitas infomobilisasi desa akan meningkatkan pengarusutamaan isu-isu perdesaan di ruang publik.
Saat ini Pemerintah Desa seolah dituntut untuk memiliki web blog resmi masing-masing. Hal ini berhubungan dengan masalah transparansi anggaran desa, juga informasi publik dan interaksi kepada masyarakat desa itu sendiri sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi. Dengan media internet, profil desa atau potensi desa bisa dikembangkan. Pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan mengenai penggunaan domain resmi Pemerintahan Desa dan diberikan kewenangan untuk mendaftarkannya secara mandiri. Sebagaimana yang diatur melalui Permenkominfo No. 5 Tahun 2015.
Dalam pembuatan website yang perlu anda persiapkan adalah Domain dan Hosting.


surabi-on.com
Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet, Saat ini blog desa banyak menggunakan ekstensi akhiran desa.id, bukan ekstensi .com, .org, atau lainnya. Untuk domain desa Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu melalui pendaftaran nama domain instansi penyelenggara negara di htp://domain.go.id silahkan Anda ikuti tata cara pendaftaran, persyaratan yang di perlukan untuk mendaftarkan Domain Desa Yaitu :
SK Kepala Desa dan SK Perangkat Desa (masih berlaku)
Surat Permohonan dari Sekdes/Kades untuk Pemerintah Pusat yang di tembuskan ke Bupati atau Sekretariat Daerah (sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika yang berlaku)
Surat Kuasa dari Kades atau Sekdes ke Perangkat Desa sebagai pejabat pengelola domain desa, Unduh Persyaratan :
Contoh Template Surat Permohonan dan Surat Kuasa untuk Desa:


Untuk selanjutnya yaitu Hosting, Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data website kita. Anda bebas memilih dan membeli space Hosting untuk membuat website tapi server hosting tersebut harus terletak di indonesia.

surabi-on.com


Terakhir yaitu CMS, CMS adalah sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web, CMS terkenal wordpress, joomla, drupal dll biasanya sudah disediakan di control panel penyedia hosting Anda hanya tinggal mengaktifkannya dari sana cms mana yang mudah bagi Anda.

Jika ada kesulitan dalam pembuatan website boleh tanya-tanya ke email kami, dan semoga saja kedepannya semua desa di wilayah Kecamatan Sembawa bisa mempunyai websit desa  sendiri-sendiri, agar kemajuan desa bisa dipantau dari jauh perkembangannya, Wassalam…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox